Saatnya liburan, saatnya melepaskan diri dari segala macam rutinitas. Berbagai macam cara untuk menikmati liburan seperti berkumpul dengan keluarga di villa, berjalan-jalan di tepi pantai hingga berbelanja ke luar negeri. Namun tak sedikit juga yang memilih liburang dengan aktivitas yang dapat memicu adrenalin, seperti diving, bungee jumping hingga menaiki wahana yang menyeramkan.

Holiday Thinking

Namun Anda harus berhati-hati jika melakukan perjalanan dalam cuaca ekstrim dan meningkatkan resiko kecelakaan yang tinggi. Lalu bagaimana cara travelling yang aman? Yuk simak berikut ini:

1. Buat Planning Perjalanan Liburan

Buatlah rencana liburan Anda secara detail, gunanya adalah liburan Anda lebih terarah. Contohnya seperti memilih transportasi selama perjalanan dari satu destinasi ke destinasi lainnya, memilih akan menginap dimana serta mencari tahu emergency terdekat seperti rumah sakit atau kantor polisi.

Bukan karena destinasi yang Anda tuju penuh dengan kriminalitas namun nggak ada salahnya untuk melindungi diri kita agar liburan lebih Aman.

2. Selalu Menyiapkan P3K

Nggak perlu kok kalian membawa sekotak besar P3K. Bawalah beberapa obat-obatan dasar yang diperlukan selama perjalanan seperti obat anti diare, obat anti maag, obat flu, obat sakit kepala dan obat tetes mata.

Namun jika Anda memilih destinasi dengan beberapa negara dengan daerah endemis malaria, maka diperlukan vaksinasi sebelum melakukan perjalanan. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan guys..

3. Malu Bertanya Sesat Dijalan

Nah, hal ini kadang yang membuat Anda malu bertanya. Pada kenyataanya Anda sedang tersesat di jalan. Maka dari itu sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya mencatat nomor-nomor darurat yang dapat membantu kita untuk menemukan jalan yang tepat bila Anda merasa takut bertanya dengan orang sekitar.

Lebih baik lagi jika Anda dapat menghubungi kerabat atau sahabat Anda, yang tinggal di tempat liburan yang Anda tuju. Karena Anda harus berhati-hati jika ada orang yang tiba-tiba baik mungkin saja ada motif dibalik kebaikannya.

4. Tidak Menerima Makanan & Minuman dari Orang Lain
Perut terasa lapar dan ingin makan sedikit cemilan namun Anda tidak bisa berhenti karena akan memperlambat waktu perjalanan. Namun jika ada orang yang menawarkan makanan dan minuman walaupun Anda baru kenal, lebih baik Anda menolak daripada terjadi hal yang tidak di inginkan.

5. Simpan Uang Anda Dengan Baik
Selama perjalanan rasanya ingin sekali belanja berbagai macam dan tidak terasa uang habis begitu saja. Maka dari itu simpanlah uang Anda dengan baik dengan membagi dua dompet secara terpisah. Hal ini berguna bila Anda mengunjungi daerah atau negara yang memiliki tingkat kriminalitas yang tinggi seperti kecopetan.

6. Selalu Membawa & Menyimpan Identitas Diri
Kadang membawa identitas diri seperti paspor memang merepotkan. Tapi jangan pernah Anda meninggalkan paspor Anda di hotel atau ditempat ramai. Bila identitas Anda hilang, segala macam administrasi atau keperluan untuk kembali ke Indonesia akan susah dan pembuatan paspor membutuhkan waktu yang cukup lama.

7. Tetap di Hotel Di Malam Hari
Bukannya melarang Anda berpegian di malam hari, namun kejahatan akan semakin membahayakan dimalam hari. Usahakan untuk berpergian bersama teman-teman Anda dan mengunjungi tempat yang ramai untuk meminimalisir kejahatan.
Walaupun kita akan terhipnotis dengan keindahan alam ditempat wisata, namun tidak ada salahnya untuk antisipasi sekitar agar liburan Anda aman dan nyaman.

Categories: Travelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *