Yakin bisa liburan tanpa selfie? Secara Anda aktif menggunakan media sosial untuk mengabadikan setiap aktifitas hingga moment-moment penting dalam hidup Anda. Saking asiknya selfie, tidak Anda sadari memori smartphone atau kamera Anda melebihi kapasitas. Berbagai macam selfie dipilih mulai dari pose normal hingga pose ekstrim.
Pose ekstrim akhir-akhir ini mencuri perhatian masyarakat, bukan hanya pose ekslusif yang didapat namun resiko kecelakaannya yang tinggi. Bayangkan saja jika terjatuh dari gedung yang tinggi hanya demi mendapatkan foto yang berbeda dari lainnya. Alangkah baiknya untuk melakukan 10 tips selgie aman saat travelling berikut ini:

1. Peduli Dengan Lingkungan

Jangan hanya menikmati pemandangan dari tempat wisata namun Anda harus meningkatkan sisi aware Anda terhadap lingkungan. Baru-baru ini muncul berita viral dari pegunungan Rinjani, beberapa pendaki tega mengambil bunga edelwise yang hanya tumbuh di pegunungan Rinjani serta mencoret-coret batu yang ada di puncak gunung.

Anda boleh mengambil foto namun harus melindungi alam sekitar agar anak dan cucu kita tetap merasakan pegunungan tanpa merusaknya.

2. Hindari Lokasi Berbahaya

Ingin dipuji dengan teman-teman karena berhasil mendapatkan foto super eksklusif di pinggir jurang atau diatas batu di pantai? Jangan senang dulu guys, akan sangat bahaya jika Anda lakukan itu. Karena bukan hanya kamera Anda yang terjatuh namun beresiko hancur akibat terjalnya jurang atau derasnya air laut. Pilihlah lokasi yang aman agar tidak membahayakan diri Anda.

3. Cek Cuaca Sekitar

Foto selfie yang baik tidak terlepas dari cuaca yang mendukung. Cahaya alami dari matahari membuat foto terlihat natural tanpa flashlight. Jika turun hujan, maka Anda harus segera berteduh ditempat yang aman agar kamera Anda tidak rusak dan Anda terhindar dari sakit. Perhatikan jalanan yang licin pada saat Anda berteduh.

4. Tidak Melanggar Larangan Setempat

Asyik foto selfie, namun tidak disangka hal itu dapat membahayakan Anda. Tidak semua obyek wisata memperbolehkan pengunjung berfoto-foto disekitar area. Biasanya obyek wisata yang melakukan kebijakan ini yaitu kebun binatang.

Walaupun binatang-binatang tersebut telah dilatih, namun sifat bebasnya masih ada. Terlebih lagi jika Anda foto binatang menggunakan flashlight maka binatang akan terganggu dan dapat membahayakan Anda.

5. Bersikap yang Baik
Dimana kita berada tetap harus menjaga sikap kita. Kata-kata itu harus selalu Anda ingat. Masih banyak di beberapa daerah terutama di Indonesia yang masih kuat dengan kekuatan mistis dan magisnya. Tak sedikit juga terjadi hal-hal yang tidak dinginkan yang berhubungan dengan alam gaib. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk tetap tenang dan menjaga cara biacara kita selama ini.

6. Gunakan dan Siapkan Peralatan Selfie Anda
Untuk mengurangi resiko atau mempersingkat waktu dalam berselfie. Alangkah baiknya jika Anda menggunakan peralatan selfie yang memiliki kualitas yang baik. Selalu pastikan untuk perangkat selfie telat terpasang dengan baik. Hindari beberapa lokasi yang dapat merusak kamera Anda seperti di dasar laut yang dipenuhi dengan terumbu karang.

7. Selfie 1 atau 2 Kali
Selfie 1 atau 2 kali adalah hal yang cukup, jangan foto terlalu banyak terlebih lagi jika pose yang Anda gunakan tetap sama. Bukan hanya penuh pada memori kamera namun akan membuat Anda lelah menghapus foto yang kurang bagus. Selain itu persingkat waktu selfie Anda jika lokasi dan cuaca tidak memungkinkan.
Untuk liburan Anda tetap lancar, maka jangan lupa memproteksi kesehatan Anda dengan mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga. Apabila Anda mengunjungi beberapa negara endemis malaria atau beresiko penyakit lainnya, tidak salahnya berkonsultasi kepada Dokter untuk mendapatkan perlindungan ekstra seperti vaksinasi kesehatan.

Categories: Travelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *